Selasa, 09 Maret 2010

Cara dan Penerapan Tranksaksi di Internet

Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi informasi, orang semakin mudah melakukan banyak aktifitas lewat falisitas internet, termasuk dalam melakukan transaksi keuangan, belanja online (online shopping), atau bahkan menerima transfer dana.
Kita lihat aja, dari hari kehari jasa perbankan Indonesia mulai berbenah dengan menyediakan fasilitas internet banking bagi para nasabah nya. Mulai internet banking BCA, Mandiri, BNI, HSBC dan pasti akan menyusul bank-bank lainnya..

Buat orang-orang pemalas kayak aku, wah kemajuan ini adalah anugerah besar…
Coba bayangkan kalo misalnya dalam 1 hari toko online ku menerima 5 transaksi pembayaran dari pelanggan dari 5 bank yang berbeda, kalo harus ngecek transfer dengan mendatangi bank-nya… wah…Capeee deeeh..
Dengan internet banking, hanya duduk didepan komputer 2 menit saja,sudah bisa kuketahui cek saldo terakhir…
Nah,sekarang tentang transaksi yang sifatnya internasional.
Di bisnis online, sama saja dengan bisnis biasa, ada banyak perusahaan, toko, atau merchant tempat kita bisa memperoleh berbagai produk yang kita butuhkan.Semisal Amazon.com, tempat orang dengan mudah berbelanja buku dengan ribuan judul yang tersedia, atau juga clickbank.com tempat orang mencari produk-produk digital dan software dengan ratusan pilihan produk.dan masih banyak lagi ribuan merchant yang melayani penjualan aneka macam produk secara online.
Perusahaan atau merchant-merchant tersebut bisa saja berlokasi di Indonesia,tapi perusahaan-perusahaan besar kelas dunia sebagian besar justru berlokasi di USA (Amerika) dan Eropa,atau di belahan dunia lain yang beribu-ribu km jaraknya dari Indonesia.
Bagaimana transaksinya?
Ada beberapa alat pembayaran online yang dipakai secara internasional yang tersedia untuk melakukan transaksi di internet,antara lain:
  1. PayPal : Alat transaksi online paling terpercaya dan paling banyak digunakan oleh perusahaan kelas dunia untuk melakukan transaksi jual beli di internet, media yang digunakan adalah Credit card dan alamat email
  2. Credit Card : Pembayaran dengan Credit Card tagihan nya akan langsung mendebit dari Account Credit Card yang kita gunakan
  3. E-gold : Alat pembayaran,dengan sistem deposit.Kita harus memiliki lebih dulu account e-gold dan mendepositkan sejumlah dana dalam account tersebut.Nah,bila nanti kita akan melakukan transaksi pembayaran,tagihannya akan mendebit dari deposit di account e-gold tersebut
  4. 2Checkout : juga merupakan salah satu alat pembayaran yang banyak digunakan untuk berbelanja online,secara internasional,credit card merupakan media mutlak untuk menggunakan 2checkout
  5. E-bullion
  6. Stormpay
Dua alat transaksi yang saya sebut terakhir menggunakan sistem yang hampir sama dengan E-gold .Harus ada deposit terlebih dahulu.

0 komentar:

Posting Komentar