Selasa, 16 Maret 2010

windows vs linux
Didasari keinginan kuat untuk mengamankan penghasilan eh.. blog, maka saya beranikan diri untuk mencoba linux sebagai Operating System di x-black. (padahal x-black itu salah satu windows yang dioprek hingga ringan jalannya, tapi gak pa pa, saya cukup senang aja dengan namanya).
Sebagai langkah awal, saya menggunakan sistem dual boot yaitu windows 7 (yang katanya lebih aman) dengan mandriva linux, program bawaan dari x-black yang telah di remastering. Sebenarnya yang saya
butuhkan untuk bekerja dengan laptop hanya beberapa fasilitas saja, intinya laptop bisa konek dengan internet dan tampilan display/VGA berfungsi dengan baik. that’s it. Tapi anehnya.. di mandriva bawaan axioo x-black tidak mensupport VGA sis mirage 3. Jadi tampilannya masih aneh! Huruf-hurufnya gede semua. hii.. ngeri!
Tapi mo gimana lagi… migrasi harus terus dijalankan! Tidak ada kata mundur! Setelah cukup familiar dengan mandriva yang ternyata cukup mudah untuk koneksi internet dengan im2, maka saya memberanikan diri untuk memesan CD linux gratis di http://shipit.ubuntu.com. Setelah menunggu sekitar 2 minggu… akhirnya CDnya datang juga :D
Langsung saja malamnya saya pasang, jadi mo dipake triple boot! Windows 7, Mandriva dan Ubuntu. Weks.. ternyata setelah menginstal Ubuntu… Mandrivanya nggak bisa jalan! Hahaha… baru seminggu kenal linux aja udah maen triple boot!
Untungnya ada seseorang yang baek hati mo menolong si lemah ini. Dengan bantuan seorang blogger Madiun yang sedang kuliah di Jogja, Ubuntu akhirnya nangkring juga di jantungnya x-black, tapi… Mandriva-nya nggak bisa booting, Ubuntu belum bisa konek internet dan VGA belum terpasang :D .  Hah! ternyata beliau juga nggak bisa! hahahaha… padahal tiap hari beliau pake openSUSE dilaptopnya. wuih.. ternyata beda linux beda laptop beda juga caranya. Hmm… makanya sampai saat ini belum ditemukan virus yang menyerang linux, mungkin karena si pembuat virus bingung kali ya :D Ini linux kok banyak banget… mana dulu yang mo diserang. hihihi…
Okelah.. saya akhirnya mencari sendiri driver yang diperlukan untuk Ubuntu plus cara koneksi internetnya. Saya menggunakan Live CD Mandriva untuk mencari driver tersebut. Hmm… asyik juga :D
Setelah berjam-jam akhirnya Ubuntu bisa tampil dengan dukungan penuh dari VGA Sis Mirage 3! Dan tak lama kemudian… koneksi internet juga jalan! Alhamdulillah… sekarang browsing, chatting, downloading, uploading, facebooking, blogging dan ing ing yang lain jadi terasa aman.

0 komentar:

Posting Komentar